FUNGSI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN JENISNYA
Rd;- Terdapat banyak sekali media sosial di era seperti saat ini, namun setiap media sosial tersebut memiliki fungsi yang berbeda terhadap jenisnya, jadi jika temen-temen ingin menggunakannya sebagai kebutuhan marketing dalam bisnis pilihlah dengan baik sesuai kebutuhannya. Dillansir dari sirbu.com ada 7 fungsi sosial media berdasarkan jenisnya.
Relationship Networks
Jenis media sosial yang pertama adalah Relationship Networks. Media sosial ini lebih dipahami oleh masyarakat umum sebagai website yang digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Beberapa media sosial yang masuk dalam kategori: Relationship Networks antara lain Facebook, LinkedIn, Google Plus, Instagram, Twitter, dll.
Relationship Networks merupakan fase awal media sosial diluncurkan ke publik yang kebanyakan dapat digunakan secara gratis. Biasanya, media sosial ini menyediakan fitur halaman profil yang berisi foto, biodata, dan informasi tambahan lain mengenai pengguna. Media sosial ini mewajibkan para pengguna untuk mendaftar dengan nama asli.
Fungsi media sosial jenis ini yang paling utama adalah untuk memudahkan pengguna berkomunikasi. Beberapa fitur yang digunakan untuk kemudahan tersebut, antara lain : dinding (Walls), Timelines atau Private Messages (PM), dan berbagi (sharing).
Tak cuma itu, fungsi media sosial jenis relationship network lainnya adalah untuk mencari pekerjaan, terhubung dengan sesama profesional, berbagi rekomendasi perusahaan, sebagai biro jodoh, mempromosikan brand, menghubungkan pebisnis dengan konsumen, dll.
Media Sharing Networks
Jenis Sosial Media ini ditentukan oleh fitur media yang dibagikan para penggunanya. Facebook dan Twitter juga masuk dalam jenis media sharing networks karena memiliki kemampuan berbagi video dan gambar yang sangat bagus. Namun, mayoritas konten (postingan) yang dibagikan oleh pengguna pada media sosial ini mengandung teks.
Berbeda dengan channel media sosial lain seperti Flickr atau Instagram yang mengedepankan konten visual. Media sosial ini menyediakan fitur untuk mengunggah dan mengedit gambar sebelum menambahkan caption atau mention pengguna lain. Selain itu, terdapat channel media sosial seperti YouTube, Vimeo, Vine, dan Snapchat yang menggunakan video sebagai konten utamanya.
Online Reviews
Online Reviews menciptakan fungsi media sosial yang berbasis lokasi. Contohnya seperti OpenRice dan TripAdvisor & Zomato. Geolocation merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengidentifikasi lokasi geografis untuk menemukan lokasi suatu objek, seperti smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet. Teknologi inilah yang saat ini secara tidak langsung membuat media sosial menjadi semakin berkembang.
Saat ini, Media sosial Online Reviews sudah sangat bervariasi targetnya, mulai dari hotel, restoran, hingga perusahaan. Dalam digital marketing, Online Reviews memiliki andil yang cukup besar dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, dibanding sebelumnya. Namun, fungsi media sosial ini yang paling utama adalah untuk berbagi lokasi suatu tempat yang direkomendasikan.
Forum Diskusi
Forum diskusi adalah salah satu jenis media sosial yang ada pada masa awal internet. Jauh sebelum Facebook lahir, para pengguna internet berkumpul pada forum diskusi
Melalui forum diskusi, pengguna internet dapat bertukar pesan dalam forum yang tersedia untuk membahas video game favorit sampai film terbaru. Bahkan, beberapa pengguna bisa bertanya mengenai masalah kerusakan komputer di forum tersebut.
Perbedaan yang cukup besar antara forum diskusi dengan jenis media sosial yang lain adalah anonimitas para penggunanya. Forum diskusi secara umum tidak mewajibkan para pengguna untuk mendaftar dengan nama dan identitas asli, namun bisa menjadi siapa saja. Berbeda dengan jenis sosial media lainnya yang sangat menganjurkan para penggunanya untuk mencantumkan nama, lokasi, bahkan foto asli.
Fungsi media sosial ini mulanya hanya untuk berbagi pesan dan entertainment. Namun, saat ini sudah bisa mengumpulkan beberapa komunitas dengan kesamaan karakter, seperti hobby dan pekerjaan.
Social Publishing Platforms
Social Publishing Platforms merupakan jenis media sosial yang menyediakan fitur untuk penulisan artikel dan membagikannya untuk dibaca antara sesama pengguna. Media sosial jenis ini contohnya adalah blog, microblog, medium, Tumblr, WordPress, dan lain sebagainya..
Fungsi media sosial ini adalah untuk penulisan artikel, namun isi dari artikel tersebut sangat luas. Beberapa pengguna memanfaatkannya untuk bisnis, baik menawarkan produk atau jasa.
Bookmarking Sites
Pada masa awal internet diluncurkan, untuk mencari sebuah informasi atau konten tidaklah mudah. Berbeda dengan saat ini, sudah ada begitu banyak website yang menyediakan informasi untuk masing-masing kategori yang lebih spesifik.
Biasanya, pengguna internet memilih Google untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Namun, jika informasi yang dibutuhkan hanya semacam ide atau gambaran saja, maka yang dibutuhkan adalah media sosial jenis Bookmarking Sites.
Bookmarking Sites contohnya seperti StumbleUpon, Pinterest, dan Flipboard. Fungsi media sosial ini adalah memungkinkan para pengguna menggunakan website untuk mengumpulkan konten dari kemudian menyimpannya di dalam akun masing-masing.
Anda bisa menyimpan berbagai macam bentuk konten, seperti
berbentuk gambar, video, teks, dan lain sebagainya. Selain itu, Konten yang
Anda simpan bisa dibuat private atau bebas diakses oleh publik dan dibagikan ke
pengguna lain.
Interest Based Networks
Salah satu kelebihan yang diberikan oleh Media sosial adalah kemudahan untuk mempertemukan sekumpulan orang dengan minat yang sama. Saat ini, sudah cukup banyak komunitas yang berkembang dengan bantuan media sosial. Beberapa contoh media sosial jenis ini yaitu Facebook Groups, Linkedin Groups, Google+ communities, dan lain sebagainya.
Selain itu, terdapat juga media sosial untuk satu komunitas saja, seperti last.fm. Fungsi media sosial ini khusus untuk para musisi dan pendengar musik. Selanjutnya, ada juga Goodreads yang diperuntukan bagi penulis dan pecinta buku.
Serta ada IMDB dan Rotten Tomatoes sebagai komunitas para
penggemar dan kritikus film. Fungsi media sosial interest
based networks adalah sebagai tempat berkumpul komunitas tertentu.
Posting Komentar