I'M DESIGNER ADVERTISING

3 minute read

Rd;- Promosi adalah kegiatan yang diupayakan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan sebuah informasi mengenai suatu produk tertentu kepada masyarakat luas untuk memungkinkan terjadinya ketertarikan terhadap produk tersebut.




Sebagai pekerja di perusahaan jasa periklanan dan percetakan dalam sehari dapat menyelesaikan hingga puluhan konsep desain dari beragam instansi. Baik dari kalangan pengusaha hingga pemerintahan mulai dari tingkat desa hingga kabupaten kota.

Pada dasarnya promosi sangat penting untuk dilakukan, tujuan dari kegiatan promosi biasanya untuk meningkatkan profit bagi pengusaha ataupun untuk meningkatkan sasaran pengguna kebijakan oleh pemerintahan.

Berikut ini merupakan ragam bentuk produk periklanan yang biasanya di produksi oleh perusahaan dan juga digunakan oleh sejumlah publik :

1.    Spanduk
Bahan spanduk adalah cetakan yang di buat dari bahan flexy dan yang hasil dari cetakannya itu di bentangkan memanjang secara horizontal, spanduk juga mempunyai banyak jenis ukuran. Ukuran spanduk pada umumnya yang kita ketahui biasanya seperti 80 cm x 200 cm , 90 cm x  200 cm , 100 cm x 250 cm, 150 cm x 300 cm, dan masih banyak lagi ukurannya. Namun tidak menutup kemungkinan ukuran spanduk dapat di custom sesuai dengan kebutuhan.


2.    Banner
Hampir sama dengan spanduk, banner juga bisa menjadi media untuk promosi yang cukup baik, banner sendiri adalah cetakan yang di print dengan menggunakan mesin print digital dan biasanya berbentuk vertical atau potrait, ukurannya bermacam – macam atau Anda dapat memesannya sesuai dengan ekspektasi ukuran yang Anda inginkan atau butuhkan. Jenis – jenis banner juga ada banyak salah satunya adalah X Banner, Mini X Banner, Y Banner, Roll Up Banner yang dicetak secara vertikal dengan ukuran sesuai yang kalian inginkan. 



3.    Baliho
Sama dengan billboard, baliho pun juga cetakan yang dicetak dengan ukuran yang besar dan biasanya di letakkan dijalanan secara horizontal dengan menggunakan bambu atau kayu atau besi menjadi tiang penyanggahnya. Baliho biasanya berisikan tulisan atau kalimat yang sifatnya itu mengajak kalian untuk datang ke sebuah acara yang akan datang, misalnya acara event games, acara event pameran, atau acara acara lainnya.



4.    Billboard
Billboard adalah cetakan yang dicetak dengan ukuran yang besar dan biasanya digunakan sebagai media promosi yang akan di pajang di papan iklan yang ada dijalanan – jalanan pada umumnya. Billboard menjadi pilihan yang bagus juga sebagai media promosi sebuah perusahaan dikarenakan pemasangannya yang berada dijalanan, maka kemungkinan produk atau apapun yang kalian jual akan semakin mudah dilihat oleh banyak orang.
Ukuran :
6×12 m Horizontal
5×10 m Horizontal
6×12 m Vertikal
5×10 m Vertikal
5. Kartu nama
Kartu nama adalah kartu yang digunakan untuk menyampaikan informasi seseorang atau perusahaan. Biasanya kartu nama digunakan untuk perkenalan secara formal. Dalam kartu nama selalu terisi nama dan logo perusahaan, alamat, nomor telepon, email, fax serta website.'
'
6.    Poster
Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah,  pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat mengajak.

7.    Kalender
Kalender adalah sebuah sistem untuk menamai sebuah periode waktu (misal: hari). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan.

8.    Brosur
Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.

9.    Branding mobil
Branding mobil adalah proses pengcoveran mobil menjadi media promosi atau informasi dengan memanfaatakan meida pembentuk visual seperti sticker maupun cat. Pada umunya proses branding mobil dilakukan pada bagian luar atau body karena berkontak langsung pada pengguna jalan.

10. Paperbag
Paper Bag adalah tas sederhana yang berbahan dasar kertas. Kertas yang digunakan bisa berupa kertas tebal, yakni kertas hard cover, kertas manila, kertas pelangi, kertas kalender, kertas karton dan jenis kertas yang lainnya. Yang penting syaratnya adalah kertas yang tebal dan tidak gampang sobek. 

Melalui sejumlah media tersebut publik akan lebih mudah mengenal sebuah produk yang ditawarkan kepadanya. Sehingga akan mengundang keingintahuan seseorang untuk menemukan produk tersebut.