PENGERTIAN KUALITAS PENDIDIKAN
Menurut Supranta kualitas adalah
sebuah kata yang bagi penyedia jasa merupakan sesuatu yang harus dikerjakan
dengan baik. Sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Guets dan Davis dalam bukunya
Tjiptono menyatakan kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan
dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau
melebihi harapan. [1]
![]() |
| Ilustrasi By. Canva |
Kualitas
pendidikan menurut Ace Suryadi dan H.A.R Tilaar merupakan
kemampuan lembaga pendidikan dalam mendayagunakan sumber-sumber pendidikan
untuk meningkatkan kemampuan belajar seoptimal mungkin. [2]
Di dalam konteks
pendidikan, pengertian kualitas atau mutu dalam hal ini mengacu pada proses
pendidikan dan hasil pendidikan. Dari konteks “proses” pendidikan
yang berkualitas terlibat berbagai input (seperti bahan ajar: kognitif, afektif
dan, psikomotorik), metodologi (yang bervariasi sesuai dengan kemampuan guru),
sarana sekolah, dukungan administrasi dan sarana prasarana dan sumber daya
lainnya serta penciptaan suasana yang kondusif.
Dengan adanya manajemen
sekolah, dukungan kelas berfungsi mensinkronkan berbagai input tersebut atau
mensinergikan semua komponen dalam interaksi (proses) belajar mengajar, baik
antara guru, siswa dan sarana pendukung di kelas atau di luar kelas, baik dalam
konteks kurikuler maupun ekstra-kurikuler, baik dalam lingkungan substansi yang
akademis maupun yang non akademis dalam suasana yang mendukung proses belajar
pembelajaran.
Kualitas dalam konteks
“hasil” pendidikan mengacu pada hasil atau prestasi yang dicapai oleh sekolah
pada setiap kurun waktu tertentu (apakah tiap akhir cawu, akhir tahun, 2 tahun
atau 5 tahun, bahkan 10 tahun). Prestasi yang dicapai atau hasil pendidikan (student
achievement) dapat berupa hasil test kemampuan akademis, misalnya ulangan
umum, EBTA atau UAN. Dapat pula prestasi dibidang lain seperti di suatu cabang
olah raga, seni atau keterampilan tambahan tertentu. Bahkan prestasi sekolah
dapat berupa kondisi yang tidak dapat dipegang (intangible) seperti
suasana disiplin, keakraban, saling menghormati, kebersihan dan
sebagainya. [3]
Selain itu kualitas
pendidikan merupakan kemampuan sistem pendidikan dasar, baik dari segi
pengelolaan maupun dari segi proses pendidikan, yang diarahkan secara efektif
untuk meningkatkan nilai tambah dan factor-faktor input agar menghasilkan
output yang setinggi-tingginya.
Jadi pendidikan yang berkualitas
adalah pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar
untuk belajar, sehingga dapat mengikuti bahkan menjadi pelopor dalam
pembaharuan dan perubahan dengan cara memberdayakan sumber-sumber pendidikan
secara optimal melalui pembelajaran yang baik dan kondusif.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi
[1] Tulisan Terkini. “Pengertian Kualitas Pendidikan”. https://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7736-pengertian-kualitas-pendidikan.html Diakses tanggal 01 Januari 2020
[2] Tulisan Terkini. Ibid Diakses tanggal 01 Januari 2020
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi
[1] Tulisan Terkini. “Pengertian Kualitas Pendidikan”. https://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7736-pengertian-kualitas-pendidikan.html Diakses tanggal 01 Januari 2020
[2] Tulisan Terkini. Ibid Diakses tanggal 01 Januari 2020
[3] Tulisan Terkini. Ibid Diakses tanggal 01 Januari 2020


Posting Komentar